Monday, January 26, 2009

Khasiat Tomato

.


Semua orang kenal akan tomato (solanum tycopersicum syn)? Mengapa tomato dianggap sayuran? Karena tomato lebih banyak digunakan untuk campuran masakan dari pada dimakan. Jenis masakan yang menggunakan tomato antara lain sup, saos, pizza, salad, dll.
Tomat banyak tumbuh di Peru, Ekuador, dan Bolivia. Tapi penduduk Mexico telah menanam tomato sebagai salah satu tanaman kebun. Tomato juga mengandung zat anti kanker, Vitamin A, C, B1 dan zat-zat seperti protein, kalsium, fosfor, besi dan belerang.
Tomat dibagi menjadi dua, yaitu tomato buah dan sayur. Tomato buah bentuknya lonjong dan berkulit tebal. Sebaliknya, tomato sayur berbentuk bulat dan kulitnya tipis. Tomato buah dapat langsung dimakan, tanpa dimasak terlebih dahulu. Tomato buah lebih tahan lama, dibanding tomato sayur karena cepat busuk.


Antara khasiat tomato ialah:-


1. Menyembuhkan gusi berdarah dan sakit perut
Caranya : Ambil tomato segar dan cuci bersih, lalu dimakan tanpa ditambah apapun atau dibuat jus diminum setelah makan (jangan terlalu manis, atau tidak memakai gula lebih baik).


2. Menghaluskan wajah dan mengusir jerawat
Caranya : Pilih tomato yang sudah matang peras airnya atau dipotong rata lalu dioleskan pada wajah. Jika dilakukan secara rutin, wajah bisa lebih halus dan bebas jerawat karena kandungan tomatine pada tomato berkhasiat anti radang. Selain itu karoten dan vitamin C pada tomato berkhasiat sebagai antioksidan, sedang asam sitratnya akan mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat.


3. Mengatasi bisul
Caranya : Panaskan tomat lalu taruh di atas bisul, tak lama kemudian bisul akan pecah dan sembuh.


4. Mengatasi kanser prostat
Jus dan saus tomato, berkhasiat mengurangi risiko kanker prostat, karena tomato sumber likopen (zat gizi tanaman) yang merupakan antioksidan unggul.
Agak berbeda dengan jenis sayuran atau buah lainnya yang kandungan zat gizinya berkurang setelah proses pengolahan, penelitian justru menyarankan agar tomato dikonsumsi setelah diolah. Kandungan likopen dalam tomato yang direbus tidak berbeda dengan tomato yang masih segar, namun tubuh akan menyerap lebih banyak likopen yang sudah diolah lewat proses pemasakan.


.


1 comment: